Cara Mengatasi Badan Cepat Lelah dan Mengantuk

Cara Mengatasi Kelelahan Tubuh

Setelah banyak melakukan aktivitas dan pekerjaan, tentunya tubuh akan mengalami kelelahan setiap harinya bahkan juga akan mengalami sedikit rasa stress. Jika dibiarkan saja hal ini tidak akan berdampak baik bagi kesehatan, apalagi terus saja membiarkan terus-menerus kondisi tubuh yang lelah setiap harinya sehingga semakin menumpuk.

Tips Mengatasi Tubuh yang Cepat Lelah dan Mudah Mengantuk

Cara mengatasi badan cepat lelah dan mengantuk
Image Source: pixabay.com

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi rasa lelah.


1.      Mengonsumsi Makanan Yang Berenergi

Makan makanan dengan energi yang tinggi, dengan kandungan protein dan karbohidrat komplek dapat meningkatkan tenaga dengan cepat. Karena kombinasi karbohidrat komplek dan protein akan dicerna lebih lambat oleh tubuh.


2.      Sarapan Tinggi Serat dan Karbohidrat

Makan makanan seperti roti gandum panggang dan sereal sebagai menu sarapan mampu meningkatkan energi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Karena menu makanan tersebut mengandung serat dan karbohidrat tinggi.


3.      Menyisihkan Waktu Untuk Beristirahat

Beristirahat sejenak dalam beberapa menit mampu mengatasi kelelahan. Istirahat sejenak selama beberapa menit sudah mampu mengembalikan energi dengan segera dalam jangka panjang.


4.      Melakukan Aktivitas Fisik Sejenak

Berhenti sejenak dari kesibukan selama sepuluh menit untuk melakukan aktivitas fisik ringan, seperti dengan berjalan-jalan di sekitar lorong kantor dapat meningkatkan energi secara cepat akibat kelelahan.


5.      Bermeditasi

Mengatasi kelelahan bisa dilakukan dengan cara melakukan meditasi mini. Meditasi mini adalah sebuah meditasi dalam waktu tiga menit yang merupakan cara efektif untuk menenangkan diri dan pikiran selain itu cara ini adalah cara yang bisa dilakukan dimana pun. Meditasi mini dapat mengurangi kelelahan secara signifikan.


6.      Menghindari Orang-orang Yang Berpikiran Negatif

Sering berada bersama dengan orang yang berpikiran negatif akan mempengaruhi mood seseorang. Dalam beberapa kasus, tak sedikit orang yang merasa stress saat berada di dekat mereka. Stress dapat membakar adrenalin, sehingga membuat seseorang kurang berenergi. Untuk itu para ahli telah menyarankan, agar kita tetap bersama dengan orang-orang yang berpikir positif karena dapat meningkatkan jumlah energi dalam kehidupan jangka panjang.


Itulah tadi beberapa cara mengatasi tubuh yang kelelahan atau cepat lelah dan mengantuk. Semoga membantu !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D