Cara Mencegah Penyakit Otak: Alzheimer & Demensia dengan Makanan

Bahan Makanan Pencegah Penyakit Otak

Setiap bagian tubuh manusia pastinya memerlukan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kemampuan dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh, salah satunya adalah otak. Otak merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia yang membutuhkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Makanan tersebut harus dapat menjaga kebugaran fisik dan meningkatkan produktivitas sel. Selain itu juga harus bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit yang menyerang otak, seperti Alzheimer dan Demensia.

Penyakit Otak : Alzheimer & Demensia

Makanan Pencegah Alzheimer dan Demensia

Nah, untuk itu mengenal bahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan otak itu perlu. Jadi, berikut ini ada beberapa jenis bahan makanan yang bermanfaat bagi otak dan terhindar dari penyakit yang menyerang otak, seperti Alzheimer dan Demensia.

  •  Kacang – Kacangan dan Biji – Bijian

Jenis kacang – kacangan seperti mede, kenari dan almond adalah jenis kacang yang mempunyai kandungan lemak esensial dan antioksidan. Sedangkan untuk jenis biji – biji, seperti gandum dapat meningkatkan generasi sel dan baik pula bagi kesehatan jantung.

  • Ikan dan Tiram

Bahan makanan yang berasal dari laut, seperti ikan dan tiram memang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh dan juga otak. Contohnya, ikan tuna dan salmon yang kaya akan omega-3, kalsium dan protein dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan orak. Selain itu, ada pula tiram dengan kandungan zat besi dan seng yang dapat mempertajam pikiran dan membuat lebih fokus.

  • Ceri dan Blueberry

Jenis buah berry seperti ceri dan blueberry yang dapat mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia pada otak. Buah ceri memiliki sifat peradangan dan oksidasi yang sangat penting bagi tubuh dan mempunyai peran penting untuk mencegah demensia dan penyakit jantung. Selain itu, buah blueberry juga mempunyai kandungan antioksidan yang berperan memerangi radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel.

  • Tomat dan Brokoli

Tomat dan brokoli merupakan jenis sayuran yang baik kesehatan otak. Tomat memiliki kandungan likopen yang tinggi, sehingga dapat mencegah kerusakan pada sel serta penyakit Alzheimer dan Demensia. Sedangkan brokoli mengandung vitamin K yang dapat menambah kekuatan otak.

  • Daging sapi dan Telur

Daging sapi yang masih usia muda tanpa lemak mengandung vitamin B12, zat besi dan seng yang dapat meningkatkan jaringan saraf dan memori pada otak. Ada pula telur yang juga memiliki kandungan vitamin B12 dan juga kolin, kedua kandungan ini dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan memory dengan memperbaiki jaringan sel yang rusak di otak.

  • Coklat dan Yogurt

Coklat merupakan makanan yang sangat di gemari oleh setiap lapisan masyarakat dan juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi otak, seperti flavonol yang terdapat pada dark coklat. Manfaat kandungan tersebut adalah meningkatkan dan melancarkan peredaran darah menuju otak. Selain itu ada olahan dari susu, yakni yogurt yang memiliki kandungan asam amino. Kandungan asam amino tersebut juga dapat mengurangi stress yang dapat menyebabkan penuaan sel otak.

  • Kopi

Kopi juga merupakan jenis minuman yang dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan Demensia. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan kafein yang cukup tinggi. Namun, sebaiknya tidak terlalu berlebihan untuk mengkonsumsi kopi karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.


Jadi, otak sangat memerlukan nutrisi untuk dapat bekerja secara optimal bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan otak sangat diperlukan, seperti biji – bijian, kacang – kacangan, sayur dan buah, seafood, daging, telur, yogurt, coklat dan bahkan kopi. Namun, perlu diperhatikan pula untuk tidak berlebihan mengkonsumsi coklat dan kopi karena dapat menimbulkan masalah kesehatan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D