Bahaya Radiasi HP, Smarthone, Laptop, Komputer bagi Kesehatan

Bahaya Radiasi Komputer/Laptop/Smartphone/Handphone bagi Kesehatan

Pada jaman yang sudah modern ini, banyak aktivitas dan pekerjaan yang menggunakan alat – alat elektronik seperti komputer, laptop dan smart phone setiap harinya. Selain itu, tidak jarang juga seseorang tidak paham penggunaan alat elektronik tersebut yang baik dan benar. Padahal, semua alat elektronik tersebut memiliki radiasi yang berbahaya terhadap kesehatan. Seperti, penggunaan laptop yang dipangku dan smart phone yang diletakkan dekat dengan tubuh saat tidur serta digunakan telephone dengan orang lain. Sehingga tidak ada lagi jarak antara laptop/smart phone dengan tubuh. Sinar radiasi tersebut lebih banyak keluar dari komponen pendukungnya, seperti memory card, hard disk, dan wifi daripada radiasi dari layar monitor. 


Efek Samping & Dampak Buruk Akibat Radiasi HP / Ponsel Smartphone / PC / Laptop & Komputer

Bahaya Radiasi HP, Smartphone, Laptop, Komputer bagi Kesehatan
Image Source: pixabay.com
Ada banyak pengaruh dan bahayanya sinar radiasi tersebut, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang terhadap kesehatan. Berikut pengaruh yang ditimbulkan dari radiasi alat elektronik.



  • Mata Berair dan Lelah
Dalam jangka pendek, sinar radiasi dapat membuat mata menjadi lelah dan berair. Hal ini dikarenakan terlalu lama berada di depan layar monitor. Selain itu juga berpengaruh dalam produksi hormon melatonin, sehingga mengakibatkan berbagai macam keluhan, seperti pusing, sakit kepala, letih dan insomnia. 


  • Astenopia
Astenopia merupakan kejadian dimana reaksi pupil mata terhadap cahaya menjadi lambat. Hal ini dikarenakan mata yang berlebihan terkena cahaya. 


  • Katarak 
Radiasi sinar UV dari komputer/laptop dalam jangka lama dapat menimbulkan katarak atau penyakit gangguan penglihatan dikarenakan kekeruhan di lensa mata. Selain itu, proses usia yang semakin menua merupakan salah satu penyebabnya. 


  • Dermatitis Pada Wajah
Jenis gangguan ini disebabkan oleh sinar radiasi VDU berpengaruh langsung terhadap kulit wajah. Radiasi ini mengakibatkan kulit wajah menjadi iritasi dan memerah. 


  • Gangguan Seksual
Gangguan seksual atau gangguan jangka panjang yang dimaksud ialah dapat mengurangi kesuburan bagi pria dan wanita. 


Namun, untuk mengurangi berbagai pengaruh dan gangguan akibat sinar radiasi tersebut dapat dikurangi dan dicegah, seperti tips berikut ini :


  1. Memasang filter pada layar monitor komputer yang dapat menahan radiasi supaya tidak sampai mata.
  2. Menjaga jarak antara tubuh dengan komputer atau laptop, jangan sampai terlalu lama bahkan sering memangku laptop. 
  3. Atur warna pada layar monitor komputer/laptop agar enak dan nyaman saat dipandang mata. Jangan terlalu terang dan jangan pula terlalu gelap. 
  4. Sering lah mengedipkan mata agar mata tidak kering. 
  5. Sesekali istirahatkan mata selama 15 menit atau lebih agar mata kembali segar kembali, dengan melihat pepohonan atau objek berwarna hijau yang menurut penelitian mampu membuat mata menjadi segar kembali. Selain itu, bisa juga melakukan senam mata. 
  6. Hindari terlalu lama menggunakan jaring nirkabel, seperti wifi, modem, dan koneksi jaringan pada komputer/laptop/smart phone. 
  7. Perbanyak mengkonsumsi makanan mengandung vitamin A dan juga sering – sering memeriksa kondisi mata ke dokter spesialis. 
  8. Jangan sering menggunakan laptop yang sedang di charge, sebab pacaran radiasi nya lebih tinggi. 

Nah, itulah tadi bahaya sinar radiasi dan tips agar dapat mencegah dan mengurangi gangguan oleh sinar radiasi terhadap kesehatan. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D