Bahaya Kecanduan Rokok & Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Bahaya & Cara Berhenti dari Kebiasaan / Kecanduan Merokok

Indonesia merupakan salah satu negara penyuplai kebutuhan tembakau dunia dan sudah banyak di ekspor ke luar negeri. Selain itu, pendapatan negara lebih banyak didapatkan dari tembakau. Tanah indonesia yang subur dan cocok untuk bertanam tembakau inilah yang menjadikannya sebagai negara yang sebagian besar masyarakatnya perokok aktif terutama para pria.

Ironinya, sudah banyak generasi muda Indonesia yang mencoba merokok atau bahkan sudah kecanduan merokok. Mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA), baik itu remaja pria atau wanita. Padahal merokok dapat menyebabkan ketergantungan, terlihat pada sebagian besar para perokok akan merasakan hal yang aneh dalam dirinya ketika satu hari tidak merokok. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan kesehatan dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki, seperti berikut ini.


Dampak Buruk / Efek Negatif / Bahaya Kecanduan Merokok bagi Kesehatan Tubuh


  • Rambut Rontok
Merokok dapat mengakibatkan rambut rontok hingga kebotakan. Sebab, rokok dapat menurunkan sistem imun pada perokok, sehingga akan rentan terserang virus dan penyakit salah satunya adalah penyakit lupus erythematosus. Penyakit ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti rambut rontok, kebotakan, sariawan, bintik merah pada wajah, tangan dan kulit kepala.

  • Katarak
Dengan merokok dapat beresiko mengalami gangguan pada mata, salah satunya adalah katarak. Katarak merupakan penyakit yang menutupi bagian lensa mata dan berwarna putih susu, sehingga dapat mengakibatkan kebutaan. Hal ini dapat terjadi pada perokok, sebab rokok dapat melepaskan zat kimia pada paru – paru. Zat tersebut kemudian di bawa oleh aliran darah hingga menuju mata, alhasil zat tersebut akan terus menumpuk sampai menutupi lensa mata.

  • Penyakit Kulit
Merokok memang tidak diperuntukkan bagi seseorang yang menginginkan hidupnya sehat. Apalagi bagi orang yang menginginkan kulitnya terhindari dari masalah kulit. Sebab, merokok dapat merusak protein, menghambat aliran darah dan mengikis vitamin A. Sehingga mengakibatkan kulit kering, keriput dan tidak lagi elastis. Hal ini dapat dilihat pada bagian kulit sekitar mata dan bibir para perokok. Selain itu, merokok juga dapat memicu tumbuhnya sel kanker kulit yang dapat meninggalkan bercak di kulit dan penyakit psoriasis yang juga meninggalkan bercak merah gatal serta berair pada kulit.

  • Memicu Pertumbuhan Sel Kanker
Merokok dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh 40 macam kandungan zat karsinogen dalam satu batang rokok. Zat tersebut dapat memperbesar resiko terkena kanker, seperti kanker paru – paru, kanker kerongkongan, kanker pada mulut dan bibir.

Selain itu, bagi perokok wanita dapat mengalami resiko terkena kanker uterus atau kanker mulut rahim. Sebab, zat nikotin dalam asam rokok masuk dalam tubuh kemudian terbawa oleh darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Nah, zat nikotin inilah yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker up normal sehingga mengakibatkan kanker uterus. Hal ini juga tidak hanya berlaku pada perokok, namun bukan perokok yang menghirup asap rokok secara sengaja yang 2 kali lebih beresiko. Untuk itu, hindari dan peringatkan para perokok agar menjauh atau menyuruh merokok pada smoking area.

  • Mengakibatkan Tuli
Hal ini dapat terjadi karena merokok dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah berupa endapan yang dapat menghambat aliran darah, salah satunya aliran darah yang menuju ke telinga. Karena adanya gangguan tersebut, para perokok akan lebih beresiko mengalami tuli atau hilangnya kemampuan mendengar.

  • Pengeroposan Tulang
Merokok ternyata dapat mengakibatkan kepadatan tulang semakin menurun yang diakibatkan menurunnya kadar oksigen dalam tubuh, sehingga terjadilah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat karbon monoksida pada asap rokok. Zat ini sama dengan asap kendaraan bermotor dan asap pabrik yang dapat menurunkan kadar oksigen sebanyak 15%.

  • Karies Gigi
Merokok dapat mengakibatkan gigi kuning, plak dan karang gigi yang disebabkan oleh zat nikotin dalam rokok. Pada akhirnya juga dapat mengakibatkan terjadinya karies gigi.

  • Emphysema
Emphysema merupakan salah satu penyakit pada paru – paru yang mengakibatkan kerusakan dan pelebaran kantung udara. Sehingga dapat menurunnya kapasitas paru – paru untuk menampung dan menghisap O2 dan mengeluarkan CO2.

  • Menyebabkan Penyakit Jantung
Jantung merupakan organ penting bagi kelangsungan hidup manusia. Namun, merokok dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Hal ini dikarenakan merokok dapat mempercepat detak jantung, disamping itu juga dapat mengalami penyumbatan pembuluh arteri dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merokok sambil minum kopi juga dapat menggandakan resiko tersebut.

  • Disklori Jari
Merokok juga dapat membuat kuku tangan dan kaki menjadi berwarna kuning kecoklatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan tar dalam asap rokok.

  • Tukak Lambung
Rokok dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan pada lambung, salah satunya tukak lambung yang sulit untuk disembuhkan. Selain itu, lambung tidak dapat bekerja secara normal kembali.

  • Menderita Penyakit Throaboanginosis Obliteran / beurger
Penyakit ini dapat terjadi pada perokok yang diakibatkan oleh aliran darah  yang terhambat karena adanya inflamasi pada syaraf kaki dan arteri serta vena. Sehingga dapat mengakibatkan terjadinya mati rasa apabila tidak ditangani lebih lanjut maka jalan satu – satunya harus diamputasi.

Namun, sebelum terlambat hindari dan berhentilah merokok supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok, seperti cara – cara berikut ini yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari – hari.


Tips Berhenti Kecanduan Merokok & Cara Mengurangi Kebiasaan Merokok



Bahaya Merokok dan Cara Berhenti Merokok

  • Bulatkan Tekad Berhenti Merokok
Untuk berhenti merokok perlu adanya niat dan tekad yang kuat. Bagi yang sudah mengalami kecanduan merokok hal ini mungkin terasa sulit, namun dengan didasari dengan niat merokok mungkin keinginan untuk berhenti merokok akan dapat terwujud. Mungkin pertama – tama dengan tidak merokok selama setengah hari kemudian ditambah lagi sehari penuh dan seterusnya. Secara continue akan mulai hilang rasa ingin merokok kembali.

Selain itu, perlu juga adanya dukungan dari orang terdekat seperti keluarga dan sahabat. Sebab kedua orang inilah yang selalu bersama kita di setiap saat. Mintalah untuk diingatkan untuk tidak merokok dan meminta para perokok untuk menjauh atau lebih baik menghindari para perokok tersebut. Pada akhirnya akan mulai terbiasa dengan hal tersebut.

  • Hindari Stress
Saat mengalami stress para pecandu rokok lebih sering memilih merokok untuk menangkan pikiran dan dapat menghabiskan beberapa bungkus rokok sekali duduk. Padahal ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan atau masalah pribadi seperti menceritakan masalah kepada teman dan minta solusi yang tepat atau liburan bersama keluarga dan teman.

  • Biasakan Pola Hidup Sehat
Dengan membiasakan pola hidup sehat seperti sering berolahraga, memakan makanan sehat atau tidak begadang dapat menurunkan kecanduan akan rokok. Sebab, kebiasaan yang kurang sehat seperti begadang, merokok sambil minum minuman berkafein dan beralkohol, serta kegiatan santai dibarengi dengan merokok dapat menghambat proses untuk berhenti merokok.

  • Mencari Kesibukan yang positif
Dengan menyibukkan diri dengan hal yang positif dapat membantu mengurangi kecanduan merokok. Sebab, dengan menyibukkan diri dengan berbagai macam aktivitas positif seperti berolahraga dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan kesempatan untuk merokok. Selain itu, hindari juga kesendirian atau sering melamun tanpa kegiatan apapun sebab dapat memicu keinginan untuk merokok kembali dan carilah kesibukan seusai makan.

Nah, kebiasaan setelah makan lalu merokok cobalah untuk dihindari dengan mencari kesibukan lainnya seperti berjalan – jalan atau pergi  untuk gosok gigi merupakan cara yang cukup efektif apabila dikerjakan secara rutin dan sungguh –  sungguh.

  • Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memang memiliki peranan yang cukup banyak bagi tubuh. Selain dapat mencegah dehidrasi, minum air putih dapat mengeluarkan racun rokok dari dalam tubuh dengan cepat. Untuk itu, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari, agar dapat membantu program untuk berhenti merokok.

Nah, itulah tadi bahaya kecanduan merokok bagi kesehatan dan cara mengatasinya. Jadi, merokok merupakan kegiatan yang sangat amat tidak baik bagi kesehatan dan bisa untuk dihilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan kerja keras dan tekad yang bulat ingin berhenti merokok. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D