Bahaya Akibat Kurang Tidur pada Malam Hari

Bahaya & Akibat Burung Kurang Tidur

Tidur adalah sebuah aktivitas akhir yang banyak dilakukan pada malam hari. Aktivitas tidur dapat membantu mengistirahatkan tubuh dan pikiran karena aktivitas yang dilakukan seharian penuh. Ada banyak sekali dampak berbahaya akibat kurang tidur, salah satunya adalah berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh. Yang perlu diketahui bahwa meningkatnya aktivitas yang padat dan pekerjaan yang belum terselesaikan, terkadang menuntut kita untuk begadang karena bekerja lembur, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh karena tubuh tidak dapat beristirahat dan akibatnya kinerja tubuh tidak dapat bekerja secara optimal.

Resiko & Akibat Buruk Kurang Tidur Saat Malam Setiap Hari

Bahaya Akibat Kurang Tidur di Malam Hari
Image Source: pixabay.com
Akibat kurang tidur juga dapat berdampak pada kematian, karena sebuah penelitian telah melakukan penelitian terhadap beberapa orang yang kurang tidur dengan beberapa orang yang kurang makan. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa resiko rentan terhadap penyakit dan berujung kepada kematian kebanyakan akan dialami orang-orang yang kurang tidur. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai beberapa bahaya akibat kurang tidur.


1.      Memperburuk Kondisi Kesehatan Tubuh

Kurang tidur sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit akan menghampiri akibat kurang tidur, seperti penyakit stroke, jantung, dan tekanan darah tinggi.

2.      Munculnya Obesitas

Ketika lebih sering terjaga di malam hari, maka akan cenderung terjadinya rasa lapar yang meningkat. Rasa lapar tersebut selalu ingin tersalurkan sehingga akan menimbulkan obesitas atau kegemukan dengan berat badan yang berlebihan.

3.      Stres Yang Meningkat

Kurang tidur juga akan berdampak pada rasa stres yang meningkat. Hal itu disebabkan karena tubuh dan pikiran terlalu  lelah akibat kurang beristirahat.

4.      Kulit Terlihat Lebih Tua

Kulit akan cepat kusam dan pucat akibat kurang tidur, selain itu terjadinya keriput-keriput halus yang terlihat pada lapisan kulit luar.

5.      Hilangnya Konsentrasi

Kurang tidur juga dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi. Seperti menghilangnya konsentrasi belajar, konsentrasi saat berkendara serta akan berpengaruh terhadap kurangnya daya ingat atau menjadi sering pelupa.


Tidur malam adalah kebiasaan setiap hari yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, pastikanlah bila selalu tidur yang cukup mengingat ada cukup banyak resiko dan bahaya akibat buruk kurang tidur saat malam hari.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D