Cara Mengobati Bisul Secara Alami dan Cepat

Cara Menyembuhkan Bisul dengan Obat Herbal Tradisional

Siapa yang pernah bisulan? Pasti merasa terganggu banget dengan penyakit yang satu ini, apalagi jika timbulnya di bagian tertentu. Bisul merupakan penyakit dimana jaringan kulit yang sudah mati menumpuk menjadi nanah. Bisul juga mengakibatkan rasa nyeri dan cemut – cemut pada bagian yang ada bisulnya. 

Penyakit ini tidak berbahaya selagi tidak berada di bagian organ vital manusia dan masih dalam ukuran yang kecil. Namun, alangkah baiknya untuk tidak membiarkannya dan segera diobati supaya tidak tumbuh bisul baru. Untuk mengobatinya dapat menggunakan bahan – bahan alami tanpa efek samping dan sangat efektif, seperti berikut ini.


Tips Cara Mengatasi Bisul di Kulit Secara Alami 


Cara mengobati bisul secara alami dan cepat

Image Source: en.wikipedia.org
  • Bawang Putih
Untuk mengobati bisul dapat menggunakan bawang putih, sebab bawang putih mempunyai sifat antibiotik yang dapat menghilangkan bisul atau bekas luka. Caranya, ambil beberapa siung bawang putih yang masih segar, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, tempelkan hasil tumbukan tadi pada bagian yang ada bisulnya.


  • Daun Ubi Rambat
Bisul dapat diatasi dengan menggunakan daun ubi rambat yang dapat ditemukan di kebun atau persawahan dekat rumah. Cara meramunya, siapkan daun ubi rambat secukupnya, lalu buat daun tersebut layu dengan cara di panaskan dekat api. Ingat, jangan sampai terbakar ya. Selanjutnya tempelkan pada bisul dan ikat dengan perban atau kain agar tidak mudah lepas.


  • Mentimun
Mentimun merupakan salah satu bahan untuk mengobati bisul secara tradisional. Cara menggunakannya, pertama ambil biji pala dan mentimun satu buah, lalu parut semua bahan tadi dan campurkan sampai merata. Hasil parutan tadi dibungkus menggunakan daun pisang yang kemudian dipanggang hingga daun layu atau kering bagian luarnya. Angkat dan tempelkan pada bagian bisul dalam keadaan masih hangat dan ikat dengan perban atau kain agar tidak lepas. Lakukan cara ini dua kali per hari.


  • Daun Cabai
Cabai yang memiliki rasa pedas juga dapat digunakan untuk mengatasi bisul. Caranya, ambil beberapa daun cabai, lalu cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk hingga halus atau dapat menggunakan blender dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, tempelkan ramuan daun cabai pada bisul dan biarkan sampai mengering, lalu ganti dengan ramuan baru.


  • Daun Kangkung   
Mengobati bisul dapat menggunakan ramuan dari daun kangkung. Caranya, cuci daun kangkung sebanyak 10 – 20 lembar sampai bersih, lalu tumbuk atau blender sampai halus. Jangan lupa untuk menambahkan garam sedikit saja, kemudian tempelkan pada bisul. Supaya tidak mudah lepas, balut dengan perban atau kain sebanyak dua kali per hari.


  • Daun Sirih
Daun sirih selain berguna untuk mencegah keputihan, ternyata juga dapat mengatasi bisul. Untuk menggunakannya siapkan daun sirih sebanyak 7 lembar, lalu cuci hingga bersih. Kemudian haluskan menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk. Hasil ramuan tadi tempelkan pada bagian bisul dan balut dengan kain atau perban agar tidak terlepas.


  • Kentang
Kentang merupakan jenis umbi – umbian yang kaya akan karbohidrat dan bisa dijadikan menu program diet. Namun, tahukah jika kentang dapat mengobati bisul? Cara mengaplikasikannya dengan memarut kentang hingga halus dan tempelkan pada bisul hingga kering, setelah itu ganti dengan ramuan yang baru.


Jadi, untuk mengatasi bisul tidak perlu khawatir atau bingung, cukup dengan melakukan tips diatas, bisul akan sembuh. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak mengkonsumsi jenis kacang – kacangan dan makanan berlemak yang katanya dapat membuat bisul tambah besar. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D