Cara Mengatasi Mabuk Laut saat Memancing / Naik Kapal

Bagi yang suka traveling atau melakukan perjalanan melalaui laut, pasti pernah mengalami yang namanya mabuk laut. Mabuk laut terjadi karena saraf sensorik mengalami kebingungan yang disebabkan oleh goncangan ombak, seperti terayun – ayun. Sehingga para penderita mabuk laut akan mengalami kepala pusing, mual dan keringat dan akhirnya muntah – muntah. Hal ini dapat membuat perjalanan tidak menyenangkan lagi.  

Mabuk laut biasanya sering di alami oleh seseorang yang pertama kali melakukan perjalanan melalui laut. Untuk mengatasi mabuk laut, berikut ada beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan laut yang sangat efektif dan aman.


Tips Mengatasi Mabuk di Kapal Laut / Saat Memancing

Cara mengatasi mabuk laut saat memancing / naik kapal
Image Source: pixabay.com


  • Pola Makan
Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya konsumsi terlebih dahulu makanan ringan, seperti roti panggang, ginger ale dan biskuit yang ringan namun kaya nutrisi. Jangan lupa untuk membawa dan minum air putih, karena mabuk laut dapat menyebabkan dehidrasi serta hindari makanan yang berlemak dan berminyak.


  • Sedia Obat Anti Mabuk Perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan yang jauh, alangkah baiknya meminum dan membawa obat anti mabuk, sehingga terhindar dari mabuk perjalanan. Untuk mendapatkan obat anti mabuk tidak begitu sulit, sebab sudah banyak tersedia di pasaran. Namun, setiap obat kimia pasti memiliki efek samping, begitu juga dengan obat anti mabuk yang dapat mengakibatkan rasa kantuk yang tak tertahan. Oleh karena bagi pengemudi atau pembawa kendaraan dilarang keras untuk mengonsumsi obat ini.


  • Obat Herbal
Apabila tidak ingin mengkonsumsi obat anti mabuk dan mengalami efek samping seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa tanaman yang dapat mencegah dan meredakan mabuk laut. Peppermint dan jahe merupakan tanaman yang sering dipakai untuk mengatasi mabuk laut. Cara menggunakannya dengan menyeduh kedua bahan tersebut dengan air panas. Minum 3  kali sehari hingga mabuk laut yang diderita hilang. Untuk mendapatkan kedua tanaman tadi tidak perlu susah – susah karena sudah ada kemasan dalam bentuk tablet. Atau bisa juga mengkonsumsi wedang jahe dan makan permen peppermint juga bisa dilakukan.


  • Akupunktur
Salah satu mengatasi mabuk laut adalah dengan cara akupunktur. Cara ini biasa dilakukan oleh orang yang sudah memahami titik – titik akupunktur pada tubuh. Media pengobatan ini dengan menggunakan jarum kecil yang ditusukkan secara perlahan pada bagian titik tersebut. Namun, alangkah baiknya jika dilakukan oleh orang atau ahli akupunktur supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan.

Demikian tadi, tips mengatasi mabuk perjalanan laut secara efektif dan aman. Jadi, saat hendak melakukan perjalanan laut perhatikan hal – hal diatasi dan cara mengatasi mabuk laut yang efektif serta aman. Perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu lama memandang air atau berada di dek kapal yang dapat menyebabkan masuk angin. Sebaiknya, berbaring dan istirahatlah di dalam kapal supaya badan tetap fit untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D