Cara Mencegah Penyakit Wasir / Ambeien / Hemoroid

Penyebab gejala pengobatan penyakit wasir ambeien hemoroid dan cara mencegahnya

Wasir merupakan penyakit akibat gangguan pada organ pencernaan, yaitu bagian anus. Wasir bisa disebabkan oleh beberapa macam hal, seperti pola makan yang kurang sehat, kurang cairan dan terlalu lama duduk. Akibatnya terjadi peradangan atau pembengkakan pada anus, terasa sakit saat dibuat duduk, dan saat buang air besar terasa sakit disertai pendarahan. 

Wasir juga memiliki beberapa macam tipe atau level, dari yang hanya benjolan atau pembengkakan kecil sampai besar, sehingga jalan satu – satunya adalah dengan melakukan operasi. Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati dan begitu juga untuk mengatasi wasir, alangkah baiknya mencegahnya. Ada banyak cara untuk terhindar dari wasir seperti cara berikut ini.



Tips Mengatasi / Mencegah Ambeien / Hemoroid / Wasir


Cara mencegah penyakit wasir / ambeien / hameroid
Image Source: pixabay.com
  • BAB Secara Teratur
Usahakan untuk selalu buang air besar secara rutin setiap harinya, supaya terhindar dari kesulitan buang air besar karena kotoran yang sulit untuk keluar. Akibatnya mengejan merupakan salah satu solusinya, padahal mengejan dapat membuat pembuluh darah pada anus membesar, sehingga beresiko terjadinya wasir. Agar terhindar dari sulit buang air besar, banyak konsumsi makanan berserat dan perbanyak minum air mineral minimal 8 – 12 gelas per hari. Dapat pula mengkonsumsi buah dan sayuran segar, seperti buah semangka dan pepaya atau agar – agar.


  • Perbanyak Bergerak
Banyak bergerak merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena wasir. Untuk itu, sering berolahraga minimal 3 kali seminggu dan kurangi berkendara dengan jarak jauh. Namun, bagi para rider sebaiknya minimal satu jam melakukan perjalanan berhenti dan istirahat supaya terhindar dari penyakit wasir. 

Selain itu, duduk terlalu sering dan lama dapat mengakibatkan tekanan pada anus yang memicu timbulnya wasir. Biasanya hal ini lebih beresiko kepada pekerja kantoran atau pegawai kantoran yang kerjanya indoor. Untuk menghindari terkena wasir, kurangi duduk dengan melakukan kegiatan sambil sesekali berdiri dan selalu sediakan air mineral dalam ruangan kerja agar tetap terjaga kebutuhan cairan.


  • Hindari Mengoperasikan Ponsel Saat BAB
Mengoperasikan ponsel merupakan hal yang tidak lepas dari keseharian, begitu juga saat buang air yang membuat keasyikan untuk mengoperasikan ponsel, seperti berkomunikasi atau main game. Namun, kebiasaan tersebut juga meningkatkan resiko pembengkakan pembuluh darah pada anus atau wasir.

Nah, itulah tadi beberapa cara supaya terhindar dari penyakit wasir, ambeien atau hemoroid. Jadi, wasir merupakan penyakit akibat terjadi peradangan pada anus, sehingga mengakibatkan sulit buang air besar dan terasa sakit saat duduk. Untuk itu, perbaiki kebiasaan pola makan yang kurang sehat dan perbanyak mengkonsumsi air minimal 8 – 12 gelas per harinya. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D