7 Tips Sehat Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan GinjalSemua organ di dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting karena organ-organ tubuh mempunyai fungsi penting bagi kehidupan. Organ tubuh dapat diibaratkan seperti mesin, jika salah satu mesin mengalami kerusakan pastinya akan membuat kinerja robot atau barang yang bermesin tersebut mengalami masalah. Sama halnya dengan organ tubuh manusia jika salah satunya mengalami kerusakan akan menimbulkan suatu penyakit bahkan dapat menyebabkan kematian.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ginjal. Ginjal merupakan organ vital yang mempunyai banyak fungsi, diantaranya adalah untuk mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan asam-basa, mempertahankan kalsium untuk tulang, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dan sebagai organ yang juga berperan penting dalam proses metabolisme.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Ginjal memiliki ukuran kecil, tetapi keberadaan ginjal memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. Alangkah baiknya, menjaga ginjal tetap sehat karena banyak sekali angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ginjal seperti gagal ginjal, batu ginjal dan sebagainya. Untuk itu kami akan mengulas mengenai tips mudah untuk menjaga kesehatan ginjal.



1.      Menjaga Pola Makan

Makan secara teratur tiga kali dalam sehari serta memilih makanan yang sehat seperti sayur dan buah organik. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia, pengawet, pemanis buatan dan makanan instant. Selain itu jangan mengonsumsi garam berlebihan, sebaiknya konsumsi juga ikan atau daging yang mengandung rendah lemak dengan porsi secukupnya.

2.      Stop Mengonsumsi Obat Antibiotik

Obat antibiotik adalah obat penghilang rasa nyeri. Terlalu sering mengonsumsi antibiotik dapat merusak ginjal. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika ingin mengonsumsi antibiotik.

3.      Menjaga Pencernaan

Menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat merupakan hal yang sangat dilanjutkan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menambah konsumsi makanan yang mengandung serat yang cukup tinggi, serta mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik.

4.      Minum Air Putih Yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan ginjal sangat dianjurkan untuk meminum air putih secukupnya sekitar 6 sampai 8 gelas setiap harinya.

5.      Olahraga Teratur

Membiasakan berolahraga teratur setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk kesehatan ginjal. Tak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan jalan kaki dan lari pagi.

6.      Hindari Kebiasaan Merokok

Rokok mempunyai kandungan nikotin yang berperan penting untuk merusak ginjal, akibatnya akan menimbulkan gangguan pada ginjal.

7.      Hindari Minum Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memberi dampak buruk untuk tubuh, termasuk ginjal. Alkohol menyebabkan peningkatan tekanan darah di dalam tubuh dan pada akhirnya akan berujung pada kerusakan ginjal.


Ginjal merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang sangat berperan penting bagi kesehatan manusia. Untuk itu sebaiknya biasakan untuk mengaplikasikan gaya hidup sehat supaya kesehatan ginjal dan bagian tubuh lainnya selalu terjaga. Semoga artikel mengenai tips menjaga kesehatan ginjal ini bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D