Manfaat Rebung Bambu bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Rebung Bambu

Apakah Anda pernah mendengar dan mengetahui tentang rebung? Jika ditempat Anda banyak sekali ditumbuhi pohon bambu pastinya mengetahui tanaman satu ini. Yaps, rebung merupakan tumbuhan muda atau tunas muda dari bambu. Di Indonesia rebung biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti tumis rebung dan sayur rebung. Rasanya yang sangat renyah dan dapat menggugah selera Anda. Masakan dari rebung salah satu makanan yang mimin sukai loh.

Rebung yang dapat di olah berusia sekitar 2 bulan. Apabila lebih dari itu, rebung akan mengeras dan tidak dapat diolah. Sekarang sudah banyak olahan yang berbahan dasar rebung, seperti tepung rebung, keripik, cuka rebung, asinan rebung, dan rebung yang di bekukan.

Rebung Bambu

Khasiat Rebung Bambu

Rebung mempunyai kandungan protein, karbohidrat, serat, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan 12 asam amino yang sangat penting bagi tubuh. Selain di manfaatkan sebagai bahan makanan, rebung memiliki manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat dari rebung? Simak pembahasan berikut ini.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Adanya kandungan antioksidan dalam rebung selain dapat menangkal adanya radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh manusia juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Antioksidan pada rebung tergolong dalam jenis Fitosterol.

  • Mencegah Kanker

Kandungan serat yang sangat tinggi pada rebung dapat mencegah resiko terkena kanker, terutama pada saluran pencernaan. Fungsi dari rebung setelah ada di dalam usus kita seperti sikat yang mampu menyikat habis zat pemicu terjadinya kanker dan sejenisnya.

  • Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang proporsional merupakan dambaan setiap orang terutama kaum hawa. Sehingga banyak yang melakukan program diet untuk melangsingkan tubuh. Rebung merupakan salah satu makanan yang wajib dimasukan ke dalam daftar menu diet Anda. Hal ini dikarenakan rebung memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah lemak dan gula.

  • Mencegah Resiko Stroke

Rebung memiliki kandungan kalium sekitar 400 miligram setiap 100 gram. Zat tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya resiko terkena stroke.

  • Mencegah kerusakan sel

Kandungan protein pada rebung bermanfaat untuk mencegah rusaknya sel dalam tubuh supaya dapat bekerja dengan baik.


Nah, itulah tadi ulasan mengenai manfaat rebung bagi kesehatan. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, rebung juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Thanks for reading gaes!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D