Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Kemiri bagi Kesehatan

Kemiri, bagi ibu – ibu yang suka di dapur pasti tidaklah asing dengan salah satu bumbu masakan ini. Yaps, kemiri merupakan satu dari berbagai macam jenis bumbu yang ada di dapur. Kemiri memiliki nama keren Aleurites moluccana dan dapat kita jumpai di kawasan Asia dengan tropis, salah satunya Indonesia.

Minyak kemiri merupakan salah satu produk olahan dari kemiri. Selain sebagai bumbu masakan, kemiri juga dikenal sebagai penghitam rambut. Namun tidak hanya itu saja, ternyata kemiri juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Mau tau apa saja manfaat dari kemiri bagi kesehatan? Chek it dot!

Manfaat Kemiri untuk Mengobati Penyakit

Kemiri

  • Mengobati Bisul
Bagi Anda yang menderita bisul dapat diobati dengan minyak kemiri supaya tidak menjalar kebagian yang lainnya. Caranya, siapkan minyak kemiri, daun kangkung 15 lembar, daun bunga pukul empat 10 lembar dan minyak kelapa. Tumbuk hingga halus semua bahan tadi dan tambahkan minyak kemiri dan minyak kelapa secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian yang terdapat bisul dua kali sehari.

  • Mengobati Diare
Jika seseorang menderita diare akan sering buang air yang disertai keluarnya keringat dingin, wajah pucat, mual terus muntah. Apabila Anda seperti itu, segera diobati agar tidak lebih parah salah satu caranya dengan menggunakan batang kemiri sebanyak 20 gram. Kemudian haluskan dan rebus dengan air 600 cc sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya selagi hangat dua kali sehari masing – masing 150 cc.

  • Mengobati Sakit Gigi
Sakit gigi merupakan penyakit yang menyiksa, untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan getah kemiri yang dioleskan atau teteskan pada gigi yang sakit sebanyak 3 tetesan. Lakukan cara tersebut 3 kali/minggu.

  • Mengatasi Disentri
Disentri merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang biasa menyerang balita sampai orang dewasa. Untuk mengobatinya dapat menggunakan 90 gram kulit pohon kemiri yang direbus menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tersebut selagi hangat.
Baca juga: Khasiat Ketumbar bagi Kesehatan


Selain beberapa penyakit diatas, ternyata menurut sebuah penelitian kemiri dapat mencegah terjadinya serangan jantung serta stroke. Hebat bukan manfaat kemiri bagi kesehatan tubuh? Jadi, tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu suatu masakan, kemiri juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D