Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan dan Obat Alami

Khasiat Bunga Kenanga

Bunga kenanga merupakan tanaman yang memiliki wangi yang harum dan khas. Bunga yang memiliki nama latin Canangium odoratum ini, biasanya dipergunakan sebagai bunga tabur dan penghias halaman rumah. Bunga kenanga tingginya bisa mencapai belasan meter, namun ada juga yang tingginya hanya sekitar 1 – 3 meter.

Bunga kenanga memiliki warna kuning apabila sudah tua, sedangkan berwarna hijau ketika masih muda. Kegunaan bunga kenanga tidak terbatas hanya sebagai bunga hias atau bunga tabur saja, namun ada pula manfaatnya bagi kesehatan. Sudah sejak dulu tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti sesak nafas, bronkitis, dan malaria.

Bunga Kenanga
Bunga Kenanga

Manfaat Bunga Kenanga

Nah, berikut ini ada beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bunga kenanga dan cara meracik ramuan dari bunga kenanga.

  • Mengobati Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang terjadi karena peradangan pada selaput lendir di saluran bronchial. Hal tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri, sehingga menyebabkan batuk berdahak disertai dengan sesak nafas dan berlangsung lama. Cara mengobati penyakit bronkitis bisa menggunakan bunga kenanga. Caranya, ambil bunga kenanga sebanyak dua kuntum, lalu rebus dengan segelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya setelah dingin dua kali sehari.

  • Jamu Sesudah Melahirkan

Setelah proses persalinan, pastinya seorang ibu memerlukan pemulihan kondisi tubuhnya kembali. Sejak zaman dahulu sebelum ada bidan atau dokter biasanya dibuatkan jamu dari bunga kenanga untuk ibu setelah melahirkan. Cara membuat ramuan jamu tersebut dengan menyiapkan bahan – bahan alami, seperti bunga kenanga muda,, kunyit, kunci pepet, jalawe, kayu rapet, jakeling, pegatsih, dan jongrahab. Kemudian haluskan semua bahan tadi sampai benar – benar halus, lalu sedu menggunakan air panas. Saring dan minum air ramuan tersebut.

  • Mengobati Malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk malaria. Untuk mengobatinya bisa menggunakan bunga kenanga. Caranya, sediakan bunga kenanga sebanyak 3 kuntum, lalu keringkan. Setelah itu, seduh bunga kenanga kering menggunakan air panas sebanyak satu gelas dan tutup rapat, biarkan sampai dingin. Saring dan minum airnya secara rutin dan teratur.

  • Mengobati Sesak Nafas

Sesak nafas bisa disebabkan oleh alergi, seperti debu dan bisa juga karena asma. Untuk mengobatinya dapat menggunakan bunga kenanga sebanyak setengah genggam yang direbus bersama 1,5 sdm gula putih dan segelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tadi dua kali sehari, di waktu pagi dan sore.


Jadi, selain berguna sebagai bunga tabur dan bunga teduh, ternyata bunga kenanga memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, sehat itu juga didapat dari rajin berolahraga setiap hari supaya sehat Anda lebih maksimal lagi. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D