Manfaat Bunga Asoka bagi Kesehatan : Mengobati Wasir Hingga Disentri

Manfaat Bunga Asoka

Asoka merupakan tanaman yang berasal dari daratan India. Tanaman ini dianggap suci oleh penduduk di sana. Di Indonesia sendiri, bunga Asoka sudah tersebar luas. Biasanya kita dapat menemukannya sebagai pagar hidup di halaman rumah, karena tumbuhan ini memiliki sifat yang rimbun. Bunga Asoka dapat tumbuh mencapai 8 m dan mudah untuk ditata saat dilakukan pemangkasan.

Bunga Asoka memiliki warna yang sangat Indah, seperti merah, orange, kuning sampai putih. Bunganya mekar dan membentuk gerombolan yang terdiri dari banyak kuntum. Ingatkah Anda saat masa kecil sering mengambil setiap kuntum dari bunga Asoka lalu menghisap nektar di dalamnya. Mungkin itu hal termanis yang pernah Anda lakukan di masa kecil, seperti manisnya nektar yang Anda hisap.


Manfaat Bunga Asoka
Khasiat Bunga Asoka

Khasiat Bunga Asoka untuk Mengobati Wasir Hingga Disentri


Tanaman Asoka memiliki kandungan beberapa jenis zat yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti terdapat kandungan zat hematoksilin, zat organik, zat tanin, besi, catachin. Semua kandungan tersebut terdapat di semua bagian tanaman Asoka. Nah, pastinya Anda ingin mengetahui beberapa manfaat zat – zat tersebut dari bunga Asoka untuk kesehatan bukan? Cekidot, mari simak ulasannya berikut ini :

  • Mengatasi Disentri Homorganic dan Wasir

Caranya, tumbuk bunga Asoka sampai halus, kemudian tambahan air secukupnya. Selanjutnya gunakan untuk mengobati penyakit disentri yang Anda derita.

  • Mengobati Luka Memar

Caranya, siapkan bunga Asoka beserta daunnya sebanyak 30 gram, umbi dari daun dewa sebanyak 10 gram, dan bunga mawar yang dikeringkan sebanyak 10 gram, lalu cuci semua bahan sampai bersih. Rebus menggunakan air sebanyak 600 cc sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum dua kali sehari setelah makan.

  • Mengatasi Haid Tidak Teratur

Caranya, cuci bunga Asoka dan bunga mawar sebanyak 15 gram serta 90 gram daging dari lidah buaya yang sudah dipotong – potong. Rebus semua bahan tadi dengan menggunakan air sebanyak 600 cc sampai tersisa 200 cc. saring dan minum dua kali sehari, masing – masing 100 cc.

  • Mengobati Kram pada Betis

Caranya, ambil 2 gerombol bunga Asoka, 30 gram daun sembung yang masih segar, dan 3 kuntum bunga mawar, lalu cuci sampai bersih. Rebus semua bahan tadi dengan air sebanyak 600 cc sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum dua kali dalam sehari setelah makan.


Baca Juga Ini :



Nah, itulah tadi manfaat bunga Asoka bagi kesehatan tubuh. Jadi, bunga Asoka merupakan bunga yang tidak hanya cantik, namun bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salam sehat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D