Manfaat Buah Jambu Monyet Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Jambu Monyet

Jambu monyet, mungkin Anda berpikiran jambu ini adalah makanan monyet, sehingga dinamakan jambu monyet, Anda salah besar. Meskipun disebut jambu monyet, namun jambu ini tidak ada kaitannya dengan monyet sama sekali. Memang belum diketahui secara pasti, kenapa kok bisa dinamakan jambu monyet.

Jambu monyet merupakan tanaman yang lahir di daratan Brazil dengan nama kerennya Anacardium occidentale. Jambu monyet memiliki buah yang dapat dimakan dan tinggi akan serat serta rasanya yang manis apabila masak. Hal yang unik dari jambu ini adalah bijinya yang berada di luar daging buahnya. Seperti yang kita tau, banyak biji yang berada di dalam daging buahnya, seperti mangga, semangka, jambu biji dan lainnya. Tapi, karena biji itulah tanaman ini terkenal.

Buah Jambu Monyet
Buah Jambu Monyet


Biji jambu monyet disebut juga mede, mete, atau mente, biji tersebut biasa diolah dengan cara digoreng atau disangrai yang sebelumnya sudah dijemur terlebih dahulu. Bila kita sangrai dalam kondisi masih basah, mede ini akan mengeluarkan gas yang dapat terbakar. Mede inilah yang biasa kita jumpai di produk – produk makanan, seperti hiasan cake, kue tart, dan coklat batangan. Rasa dari mede tersebut hampir mirip dengan kacang tanah, namun rasa dan aromanya melebihi kacang tanah.

Pohon dari jambu monyet ini bisa mencapai ketinggian 5 meter dan kayunya sangat ulet, tidak mudah patah walau ukurannya kecil saat dinaiki. Tapi akan sangat rapuh apabila sudah kering. Jambu monyet sudah banyak di tanam untuk diambil medenya karena harganya yang cukup mahal untuk satu kilonya.  Ada dua macam jambu monyet yang mimin ketahui, jambu monyet yang buahnya berwarna merah dan jambu monyet dengan warna kuning. Namun, manfaat jambu monyet tidak hanya itu saja. Ternyata jambu monyet atau dikenal juga dengan jambu mede ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Ada beragam kandungan kimia yang dapat Anda temui di dalam jambu mete. Perhatikan tabel berikut :

Kandungan
Jumlah/100 gram
Kalori
73 gram
Vitamin A
2689 SI
Vitamin C
65 gram
Protein
4,6 gram
Hidrat arang
16,3 gram
Lemak
0,5 gram
Kalsium
33 mg
Zat besi
8,9 mg
Fosfor
64 mg
Air
78 gram

Khasiat Buah Jambu Monyet

Nah, itulah tadi beberapa kandungan yang ada di dalam jambu mete. Berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan jambu monyet. Chek it dot!

  • Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit diare akut yang biasa menyerang secara mendadak pada balita. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi kuman dan parasit serta lingkungan yang kurang bersih. Disentri bisa mengakibatkan kematian pada balita apabila tidak segera diobati ke rumah sakit, namun Anda bisa juga menggunakan jambu monyet sebagai obat alami untuk mengobati disentri. Caranya, ambil kulit pohon jambu monyet dan segenggam daunnya, lalu cuci sampai bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan air 1,5 liter sampai mendidih. Saring dan minum dua kali sehari.

  • Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Untuk mengobati penyakit ini dapat menggunakan 2 buah kulit pohon jambu monyet dengan adas pula waras secukupnya yang terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian rebus kedua bahan tadi hingga mendidih menggunakan 2 liter air. Saring dan minum air rebusan tadi 2 kali sehari selagi hangat.

  • Mengatasi Radang pada Mulut

Radang pada umumnya disebabkan oleh infeksi kuman, seperti bakteri, virus dan kotoran. Untuk mengobati radang pada mulut bisa menggunakan jambu monyet. Caranya, ambil segenggam daun jambu monyet beserta kulit pohonnya, lalu cuci hingga bersih. Rebus sampai mendidih dengan 1 liter air. Saring dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari.


Jadi, jambu monyet tidak hanya dapat dinikmati buahnya saja, namun juga dapat dinikmati khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan. Thanks for reading!



Advertisement

Artikel Lainnya :-D