Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Obat Alami

Manfaat Biji Mahoni bagi Kesehatan dan Mengatasi Penyakit

Mahoni merupakan salah satu pohon yang mempunyai andil cukup besar dalam menjaga kebersihan udara terhadap polusi udara yang tinggi. Selain itu, pohon mahoni juga ditanam sebagai peneduh jalan serta dapat pula menyerap air dan menyimpannya. Tumbuhan ini merupakan tanaman dengan segudang manfaat pada setiap bagiannya. Mulai dari akar, batang, daun, sampai bijinya. Nah, kali ini kami akan membahas manfaat biji mahoni untuk kesehatan.

Biji MahoniBiji mahoni sendiri berbentuk pipih oval, berwarna putih seperti ditaburi gula halus dan memiliki rasa yang sangat pahit. Di masyarakat pedesaan pada umumnya digunakan untuk mengatasi anak usia 1 tahun masih meminum ASI, dengan cara mengoleskan di sekitar buah dada ibunya sehingga si anak akan terasa kepahitan. Selain itu, biji mahoni sudah banyak digunakan sebagai obat alami yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, harus dengan proses yang benar pula saat meramu biji mahoni sebagai obat. Nah, manfaat apa saja yang ada pada biji mahoni bagi kesehatan kita ? simak uraian berikut ini!

Khasiat Biji Mahoni


  • Melancarkan Peredaran Darah
Biji mahoni memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat sebagai pelancar peredaran darah dan mencegah terjadinya penyumbatan pada aliran darah. Selain itu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

  • Mengurangi Lemak
Biji mahoni mengandung saponin yang bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. Selain itu, kandungan saponin juga dapat meningkat sistem kekebalan, menguatkan  fungsi hati dan menurunkan gula darah.

  • Mengobati malaria
Biji mahoni ternyata sudah lama digunakan sebagai obat malaria. Caranya cukup mudah, hanya dengan menjemur biji mahoni sampai kering, lalu pisahkan dari kulitnya. Setelah itu, haluskan biji mahoni kering sebagai serbuk yang dapat di seduh seperti kopi.

  • Mengobati Hipertensi
Biji mahoni juga dipercaya bisa mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya mengobatinya dengan memanfaatkan serbuk yang tadi sudah dibuat. Kemudian di seduh dan saring untuk diambil airnya saja. Minum dua kali sehari.

Jangan lewatkan untuk dibaca: Manfaat Buah Mahoni

Nah, itu tadi beberapa manfaat dari biji mahoni bagi kesehatan. Walaupun dapat menyembuhkan penyakit, mengolah dan mengkonsumsi dengan benar biji mahoni juga sangat penting untuk mendukung penyembuhan penyakit yang Anda derita. Kebutuhan tubuh akan flavonoid per harinya hanya 200 mg dan juga apabila kelebihan akan zat saponin juga beresiko meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. So, bijaklah dalam memanfaatkan tumbuhan untuk mengobati penyakit. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D