Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Obat Alami

Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit

Kemangi merupakan tanaman yang memiliki bau yang harum dan khas. Bau harum tersebut disebabkan oleh kandungan sitrat yang tinggi di setiap bagiannya, terutama daunnya. Tanaman yang memiliki nama latin Ocimum xcitriodorum merupakan salah satu tanaman yang subur di Indonesia. Kemangi dapat tumbuh di daerah yang sejuk atau kering.

Jika Anda suka dengan masakan pecel lele atau bebek goreng, pastinya Anda akan disuguhi dengan lalapan daun kemangi. Yaps, daun kemangi memiliki manfaat yang banyak sebagai bahan makanan, salah satunya ya tadi. Selain itu, daun kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan di dalam daun kemangi yang banyak.

Nah, perhatikan tabel berikut ini mengenai macam – macam kandungan yang ada di dalam daun kemangi.

Kandungan
Jumlah/10gram
Energi
46 Kal
Vitamin A
750  RE
Vitamin B
0,08 mg
Vitamin C
50 mg
Protein
4,0 gram
Karbohidrat
8,9 gram
Kalsium
45 mg
Lemak
0,5 gram
Fosfor
75 mg
Zat besi
2 mg
Air
85 gram

Manfaat Daun Kemangi

Itu tadi adalah beberapa kandungan yang ada di dalam daun kemangi. Anda ingin mengetahui manfaat apa saja yang ada di dalam daun kemangi untuk kesehatan? Nah, berikut ini ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun kemangi.

  • Mencegah Stress
Stress biasa di alami setiap orang. Hal ini disebabkan oleh pekerjaan atau aktivitas yang menekan diri, sehingga mengakibatkan rasa stress pada diri. Rasa stress tersebut dapat diatasi dengan daun kemangi, karena terdapat kandungan adaptogen. Zat ini merupakan zat anti stress, cara menggunakannya agar Anda terhindar dari stress dengan memakan daun kemangi sebanyak 12 daun, dua kali dalam sehari sehingga dapat mencegah stress.

  • Mengobati Batu Ginjal
Khasiat Daun Kemangi
Daun Kemangi
Cara membuat ramuan dari daun kemangi sebagai obat batu ginjal adalah dengan membuatnya sebagai jus yang dicampur dengan madu. Minum jus tersebut selama 6 bulan secara teratur, sehingga dapat mengurangi penyakit batu ginjal yang Anda derita secara alami.

  • Meringankan Sakit di Kepala
Daun kemangi juga dapat meringankan sakit pada kepala Anda. Caranya, dengan mengkonsumsi rebusan daun kemangi dan dapat pula menumbuk daun cendana dan dikompreskan pada kepala yang sakit.

  • Infeksi Mulut
Infeksi di mulut dapat dikarenakan oleh serangan kuman, seperti bakteri, virus dan jamur. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan mengunyah daun kemangi atau sebagai lalapan beberapa lembar daun kemangi.

  • Demam dan Meriang
Salah satu manfaat daun kemangi adalah mengatasi demam dan juga dapat mencegah DBD (demam berdarah) dan malaria. Caranya dengan merebus daun kemangi dan bubuk kepulaga dengan ½ liter air sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan tersebut saat hangat, bagi Anda yang tidak suka dengan rasa pahit bisa menambahkan susu atau gula supaya manis. 

  • Mengobati Gangguan Pernafasan
Daun kemangi dapat mengobati beberapa macam penyakit pernafasan, seperti asma, influenza dan bronkitis. Caranya, siapkan daun kemangi secukupnya, beberapa ruas jahe dan madu secukupnya, kemudian rebus dan minum air rebusannya. Ada pula cara lainnya dengan merebus daun kemangi, cengkeh dan garam secukupnya yang juga efektif menyembuhkan penyakit pada saluran pernafasan Anda.


Jangan lupa untuk membaca: Manfaat Daun Sembukan bagi Kesehatan

Nah, itulah tadi beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun kemangi. Jadi, selain digunakan sebagai lalapan dan mempunyai bau yang khas dan harum, kemangi juga berguna untuk kesehatan tubuh. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D