Khasiat Ubi Cilembu : Manfaat untuk Diet dan Kesehatan

Khasiat ubi cilembu dan manfaatnya memang bagus bagi kesehatan, begitu pula dipakai sebagai makanan diet, mengatasi masalah penyakit seperti diabetes, kanker dan sebagainya. Orang pun banyak suka makanan dari ubi bakar madu cilembu, bahkan ibu hamil. Tetapi sebelumnya kita kenali dulu mengenai ubi cilembu ini.

Ubi cilembu adalah salah satu jenis dari ubi jalar khas dari Jawa Barat. Tepatnya menjadi ciri khas yang berasal dari Sumedang,tetapi orang sering mengenalnya sebagai ubi cilembu Bandung atau juga ada pula yang terkenal yaitu ubi cilmbu Jogja. Sementara itu ubi jalar tersebut sebenarnya sudah mulai dikenal banyak orang sejak tahun sekitar 1990.



Orang suka ubi jalar ini karena umbi ini berbeda bila dibandingkan dengan jenis ubi jalar lainnya. Hal itu karena jika ubi cilembu dioven, maka bisa mengeluarkan seperti cairan lengket seperti madu dan begitu manis rasanya. Hal itu juga menyebabkan banyak orang menyebutnya sebagai umbi si madu.

Uniknya lagi, ubi yang satu ini tidak cocok bila direbus ataupun digoreng, jadi susah sekali bila membuat ubi cilembu goreng. Karena apabila digoreng akan mudah sekali untuk gosong. Dan jika direbus, malah membuat aroma yang sering disebut madu itu menjadi sirna hingga berkurang bahkan sampai hilang. Oleh karena itulah orang-orang yang menggunakan ubi ini sebagai bisnis ubi cilembu, maka mereka akan membuat olahan lainnya seperti keripik, kue, mie instant, sirup, dodol, keremes, selai, saus dan tepung. Harga ubi cilembu juga lumayan mahal jika dibandingkan dengan ubi jalar lainnya. Maka tak heran juga disukai oleh petani atau wirausaha. Konsumen pastinya juga suka sekali dengan jenis ubi ini, apalagi dengan khasiatnya begitu banyak dan kandungan gizinya yang baik bagi kesehatan tubuh. Demikianlah beberapa ulasan awal dan bersumber dari Wikipedia.


Ciri-Ciri dan Jenis Ubi Cilembu 

Selain dikenal punya banyak khasiat ubi cilembu, sebenarnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara ubi ini dan ubi jalar biasa. Untuk ciri-cirinya Anda bisa melihat sendiri pada gambar di bawah ini :

Khasiat Ubi Cilembu
Ubi Cilembu


Bagi Anda yang belum tahu, mungkin gambar itu bisa membantu Anda agar lebih mengetahuinya. Sebagai tambahan, ternyata warna dari daging ubi tersebut juga cukup unik karena saat mentah warnanya krem agak kemerahan, tetapi jika sudah dimasak bentuknya menjadi seperti berurat dan warnanya cenderung menjadi lebih kering. Dan jika Anda memasak ubi bakar madu cilembu, kulitnya yang berwarna gading akan muncul semacam lelehan dan tampak seperti madu.

Sedangkan ubi ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Jenis Nirkum

Ubi ini sudah terkenal sejak tahun 1990 an. Tetapi karena kurang membelikan nilai ekonomis dan proses pembudidayaan rumit membuatnya sekarang tidak dibudidayakan secara masal seperti dulu. Tapi untuk mengakalinya petani pun menyilangkan antara jenis nirkum dan jenis lainnya hingga menghasilkan ubi jenis rancing.

  • Jenis Nirkum ketan / ubi rancing / mene’s

Ubi ini lebih manis, memiliki bentuk panjang dan dagingnya memiliki warna kemerahan.  Biasanya ubi ini sampai di ekspor ke luar negeri seperti ke negara Malaysia, Singapura, Korea dan Jepang.

  • Jenis Ubi Odos / Jawer

Untuk jenis yang satu ini memiliki karakteristik kulit putih kekuningan saat mentah, dan memiliki cairan seperti madu lebih sedikit daripada jenis nirkum.

  • Jenis ubi inul

Ubi inul bentuknya lebih bulat seperti kentang, memiliki warna kuning tapi agak pudar dan memiliki rasa kurang manis bahkan hampir tidak manis.


Kandungan Gizi Ubi Cilembu 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dan khasiat ubi cilembu, alangkah baiknya jika kita ketahui dulu informasi kandungan gizi beserta nutrisi dan senyawa yang terkandung di dalamnya. Untuk info mengenai kandungan dan manfaat selengkapnya, silahkan Anda perhatikan dalam tabel di bawah ini :


Kandungan Nutrisi
Manfaat
Zat Besi
Zat besi baik bagi sel darah merah dan putih, mengurangi stress dan meningkatkan sistem imun
Magnesium
Menyehatkan tulang, saluran arteri, darah, otot, dan saraf.
Potasium
Menyehatkan ginjal, mengatur detak jantung agar berdetak normal
Karotenoid
Sejenis betakaroten yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit dan menyehatkan mata.
Pemanis Alami
Rasa manis dalam Ubi cilembu termasuk aman dan tidak terlalu berpengaruh pada naiknya kadar gula darah (glukosa) bagi penderita diabetes.
Antiokidan (Anti kanker dan Anti tumor)
Kandungan antioksidan didalam ubi jalar ini mampu mencegah radikal bebas dan berkembangnya sel kanker serta tumor di dalam tubuh.
Vitamin C
Mencegah penyakit, memperoduksi kolagen untuk mencegah penuaan dini bagi kulit seperti kulit keriput
Vitamin B6
Khasiat ubi cilembu adalah mampu membantu mencegah penyakit serangan jantung dan pikun karena didalam tubuh terdapat homocyisteine yang diuraikan menjadi molekul sederhana dengan bantuan vitamin B6.
Vitamin D
Vitamin D baik bagi kesehatan ibu hamil, karena adanya kelenjar tiroid akan membantu merangsang bertumbuhnya hormon pada wanita agar lebih cepat hamil.
Vitamin A
Bagus bagi kesehatan mata dan kulit serta  mencegah berbagai macam penyakit
Dan masih banyak kandungan lainnya ….


Manfaat Khasiat Ubi Cilembu bagi Kesehatan 

Setelah cukup mengulas mengenai ubi cilembu beserta kandungan gizi yang sudah kami uraikan pada tabel diatas. Saatnya kita membahas mengenai manfaat & khasiat ubi cilembu untuk kesehatan dan mengatasi / mencegah beberapa macam penyakit. Nah apa sajakah kegunaan atau manfaatnya? Ini dia ulasannya:


1. Mencegah Penyakit Kanker

Ubi yang memiliki warna oranye kemerah-merahan ini mengandung banyak vitamin A dan betakaroten. Dipercaya umbi ini bisa membantu mencegah penyakit kanker mulut dan kanker paru-paru. Hal itu juga dibuktikan dengan adanya sebuah riset diadakan oleh “Harvard University” bahwa dengan meriset 124 orang penderita penyakit kanker paru-paru, ternyata 32 % diantaranya sudah mulai membaik kondisinya akibat rutin mengonsumsi ubi cilembu ini.

2. Manfaat ubi cilembu untuk diabetes : mengontrol kadar gula dalam darah

Apabila mengonsumsi karbohidrat, seseorang cenderung bertambah kadar gula dalam darahnya. Maka tak heran bila banyak orang menyarankan agar mengonsumsi ubi dengan cara dikukus atau diakar dan tidak menambahkannya dengan gula ataupun saus.

3. Mencegah Penyakit Jantung / Serangan Jantung

Seperti yang sudah kita ulas dalam informasi kandungan gizi di atas, bahwa ubi ini memiliki kandungan vitamin B6 yang membantu mencegah serangan jantung. Selain itu adanya kandungan potasium akan membantu menormalkan kembali tekanan darah supaya tidak turun drastis.

4. Mengatasi Stres

Apabila Anda punya masalah besar, entah itu masalah pekerjaan, study, keluarga, cinta, hubungan atau apapun kemudian Anda mengalami stress, Anda bisa memanfaatkan cara ampuh untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengambil waktu sejenak untuk berasantai sambil menikmati ubi ini supaya ketegangan pikiran dan otot menjadi lebih tenang.

5. Mencegah penuaan dini / Anti aging

Selain memiliki kandungan vitamin A yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, juga membantu menyehatkan kulit. Selain itu juga membantu mencegah penuaan dini akibat kandungan vitamin C nya  cukup tinggi.

6. Manfaat Ubi cilembu untuk Ibu Hamil / Kehamilan / Bayi

Kandungan seperti zat besi dan vitamin D bisa membantu menyehatkan tubuh ibu hamil. Kandungan vitamin D juga dipercaya merangsang hormon yang dapat memicu kehamilan.

Oh ya sebagai tambahan informasi, ada buah yang ternyata punya banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayi. Anda bisa membacanya dalam artikel ini : Manfaat Buah Bit untuk Bayi dan Ibu Hamil

Khasiat Ubi Cilembu untuk Diet 

Selain kentang rebus alias ubi jalar sering digunakan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet, dan yang sudah kami ulas dalam artikel ini ( BACA : Manfaat Kentang Rebus untuk Diet ) Ternyata ubi cilembu juga dipercaya mampu membantu dalam program diet.

Salah satu yang sudah membuktikannya adalah Asri Welas Pramawati, seorang selebriti terkenal. Saat setelah hamil atau melahirkan, bobotnya sampai 85 kilogram, padahal sebelum dia menjadi ibu hamil berat badannya hanya sekitar 45 kilogram.

“Saat menyusui anak saya, nafsu makan saya memang tinggi sekali. Bahkan sehari saya sampai makan delapan kali” tuturnya

Semenjak menyadari bahwa berat badannya kian hari makin naik, ia pun memutuskan untuk melakukan program diet atau mengurangi berat badannya. Namun, bukan malah baik justru dia malah mengalami penyakit tifus.

Hingga pada akhirnya Mbak Asri Welas pun diberikan informasi dari temannya agar menggunakan ubi Cilembu sebagai menu makanan dietnya.

“Setiap pagi saya selalu mengonsumsi ubi cilembu, meskipun kalau makan siang dan makan malamnya makan dengan menu seperti biasa dan juga kadang saya variasikan dengan roti tawar gandum”

Tak hanya begitu saja tentunya, ia juga tetap rutin berolahraga seperti jogging seminggu sampai 2 kali.
Hal itu membuatnya sekarang menjadi berbobot stabil sekitar 53 kilogram. Kemudian untuk menjaga nafsu makannya, Asri pun rutin melakukan totok.

Cara Memasak Ubi Cilembu :


Ubi Cilembu Bakar
Ubi Cilembu Bakar

Sesudah kita membahas cukup jelas mengenai ciri-ciri, kandungan gizi, manfaatnya bagi kesehatan dan juga khasiatnya untuk diet, saatnya kita membahas bagaimana cara memasak ubi ini ?

Nah, kali ini kami sajikan dua cara, berikut ini tipsnya :

Cara Pertama
  • Siapkanlah ubi cilembu yang masih bagus dan segar
  • Bungkuslah dengan aluminium foil
  • Setelah itu pangganglah memakai plat aluminium, bisa menggunakan saringan panci
  • Taruh diatas kompor dengan api kecil sembari di bolak-balik supaya tidak gosong
  • Lakukan terus sampai matang dan siap untuk disajikan sesuai selera

Cara Kedua
  • Pilihlah ubi cukup layu agar bisa keluar madunya
  • Sebelum di oven alangkah baiknya potong dulu kedua ujungnya, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ubinya masih bagus atau sudah busuk / boleng
  • Panggang ke dalam oven, saat di oven biasanya muncul bau wangi khas ubi tersebut. Maka dari itu, segera dibalik agar tidak gosong
  • Kalau ubi sudah keluar madu, cobalah untuk memencetnya apakah sudah empuk atau belum.
  • Jika sudah, solahkan diangkat dan disajikan


Berapa Harga Ubi Cilembu ?

Nah kita kan sudah membahas mengenai manfaat atau khasiat ubi cilembu, sekarang mungkin ada yang bertanya, berapa sih harga untuk membelinya?

Sebenarnya harganya beragam, tergantung pada lokasi dimana Anda tinggal. Kalau saat ini harganya sekitar Rp. 7000,- bisa kurang bisa lebih untuk setiap kilogramnya dan itu merupakan harga ubi cilembu metah. Untuk harga ubi matang, dalam artian sudah diolah seperti dipanggang, biasanya harganya bisa mencapai Rp. 20.000,- Namun harga tetap bergantung pada waktu, kualitas dan tempat pembeliannya.

“Dimana sih membelinya ?”

Untuk membelinya bisa di toko-toko terdekat atau pasar terdekat wilayah Anda. Jika memang tidak ada, jangan khawatir karena Anda bisa membelinya secara online. Silahkan saja mencari atau browsing dengan kata kunci “harga ubi cilembu” pasti disana ada banyak situs/website penjualnya.


Ternyata ubi ini memang memiliki banyak manfaat, manfaatnya pun sangat beragam sampai di ekspor ke luar negeri sebagai makanan pokok. Hal ini juga mengingatkan kita bahwa di negara kita masih banyak sekali jenis tanaman yang dapat kita ambil manfaatnya dan juga nilai jualnya. Sebagai contohnya adalah ubi cilembu ini, bentuknya unik dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh serta mengobati aneka jenis penyakit membuatnya menjadi favorit oleh banyak orang.

Sebagai tambahan, Anda pun sebenarnya bisa bisnis dengan ubi ini. Karena ubi ini memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Selain itu Anda bisa pula membuat aneka resep masakan dengan bahan umbi ini.
Tak lengkap lagi rasanya jika kita juga mengulas mengenai resep makanan dari ubi ini, supaya Anda tidak bosan hanya dengan ubi bakar saja. Berikut ini resepnya :


Resep Kue Ubi Cilembu Enak 

Kue Ubi Cilembu
Kue Ubi Cilembu
Bahan-bahan:

Kulit Pai:
  • 350 gram tepung terigu, kemudian ayak
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok the garam
  • 150 gram mentega tawar  beku dan sudah dipotong kecil-kecil
  • 3 butir kuning telur ayam
  • 2 sendok makan susu cair dingin


Bagian Isi :
  • 450 gram ubi cilembu yang sudah dipanggang, dikupas dan dihaluskan
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sendok makan cream kental
  • 200 gram buah peach, kemudian tiriskan, dan potong-potong membujur tipis


Bahan olesan, kocok-kocok :
  • 2 sendok makan krim
  • 1 kuning telur ayam


Bahan taburan :
  • 2 sendok teh gula pasir sebagai taburan


Cara Membuat :
  • Untuk membuat kulit pai, silahkan campur gula, garam, terigu, dan mentega sampai merata
  • Aduk-aduk menggunakan pisau pastriy sampai adonan tersebut menjadi halus
  • Tambahkanlah kuning telur dan juga susu
  • Ulenilah sampai adonan tersebut bercampur rata
  • Bagilah adonan menjadi dua bagian, tipiskanlah keduanya sampai pada ketebalan 3 mm.
  • Ambilah satu bagian kulit pai, kemudian lubangi permukaannya menggunakan cetakan berdiameter 3 cm dengan memakai jarak 3 cm di antaranya
  • Kemudian silahkan disisihkan
  • Letakkanlah 1 bagian adonan pai tadi pada atas loyang bongkar pasang dan memiliki bentuk pesegi panjang serta telah dialasi dengan kertas roti serta diolesi menggunakan margarin
  • Setelah itu ditekan-tekan, kemudian ratakan
  • Selanjutnya tusuk adonan memakai garpu
  • Panggang pada oven dengan suhu 180 derajat celcius sekitar 10 menit sampai setengah matang, lalu silahkan Anda angkat
  • Untuk membuat adonan isi, silahkan campur sampai rata ubi cilembu yang sudah dihaluskan, ditambah cream pengental dan telur ayam
  • Kemudian masukanlah pada loyang yang berisi dengan kulit pai kemudian diratakan
  • Selanjutnya ditutup dengan peach yang sudah dipotong-potong sebelumnya
  • Setelah itu tutup memakai kulit pai yang sebelumnya telah dilubangi, lalu rapikan
  • Lalu olesilah adonan menggunakan campuran kuning telur dan ditabur dengan gula pasir
  • Pangganglah lagi ke dalam oven panas selama kurang lebih ¾ jam dengan suhu 180 derajat celcius
  • Tunggu sampai warna menjadi kecoklatan
  • Silahkan di potong-potong dan sajikan sesuai selera.

Demikianlah penjelasan panjang mengenai manfaat khasiat ubi cilembu bagi kesehatan, kandungan gizi, manfaatnya untuk diet, mengatasi penyakit, beserta resep spesial membuat ubi cilembu.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D