-->

5 Manfaat Manjakani untuk Kesehatan Wanita

Manfaat Manjakani

Manjakani (Quercus Infectoria) adalah sejenis tanaman atau pohon yang juga mempunyai nama lain Pohon Oak, Oak Galls atau Mecca Majakani. Pohon ini tumbuh di Indonesia tapi belum banyak yang tahu akan khasiatnya. Untuk di beberapa negara seperti China, Arab, India, Malaysia, Brunei, dan Iran, manjakani dipakai untuk bahan obat herbal. 

Majakani dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan organ intim wanita sekaligus untuk mengatasi berbagai penyakit kewanitaan. Salah satunya adalah digunakan sebagai obat keputihan dan sebagai bahan alami untuk menjadikan organ intim perempuan menjadi elastis.
Manfaat manjakani untuk kesehatan wanita

Image Source: pixabay.com

Kandungan Buah Manjakani

Sebelum kita membahas khasiatnya, alangkah baiknya kita ketahui dulu mengenai kandungan gizinya. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Zat Besi
  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Antioksidan
  • Asid tanik
  • Tannin

Manfaat Manjakani bagi Kesehatan Perempuan

Ada banyak khasiat yang diperoleh dari buah manjakani. Terutama dalam hal kesehatan, mengobati penyakit dan merawat organ kewanitaan. Apa sajakah kegunaannya ?

Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Manjakani memiliki banyak kandungan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Kandungan itulah yang akan bermanfaat bagi organ kewanitaan. Khasiatnya untuk organ kewanitaan antara lain adalah untuk mengatasi cairan yang berlebihan, membersihkan bakteri dan jamur, membuatnya lebih keset, dan meningkatkan elastisitas otot area V.

Kalau dulu, biasanya buah manjakani akan ditumbuh sampai halus. Setelah itu jika sudah halus akan disaring kemudian dioleskan di area kewanitaan. Ada juga yang menjadikannya sebagai campuran jamu alami.

Daun Manjakani untuk Merapatkan Miss V

Manjakani kaya akan kandungan zat tannin. Bagi organ seksual, tannin merupakan zat yang dipercaya bisa merapatkan selaput dan dinding vagina. Kalau dalam dunia medis, efek yang dihasilkan dinamai dengan efek astringent.

Zat tannin tersebut diperoleh saat daun manjakani terkena reaksi dari perkembangbiakan larva tawon yang sedang bertelur di daun. Kemudian hal itu memicu sebuah reaksi kimia akibat telur yang menempel di daun sehingga memungkinkan daun bisa menghambat bertumbuhnya jamur, bakteri dan virus.

Efek dari daun manjakani sebenarnya sudah diuji dan sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal farmakologi. Jurnal farmakologi tersebut telah mencatat bahwa ekstrak manjakani memiliki kandungan nutrisi dan senyawa seperti vit A & C, karbohidrat, zat besi, kalsium, antioksidan, piperonylic, asam gallic, asam ellagic, protein dan serat yang memiliki fungsi sebagai anti radang, anti diabetes anti microbial, dan astringent. Memang hal ini adalah cara alami dan berbeda dengan prosedur operasi yang sekarang umum dilakukan.

Mengatasi Miss V yang kering

Menurut seorang ahli bernama Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma, selain mengatasi keputihan, mengurangi cairan, dan meningkatkan elastisitas organ kewanitaan, manjakani juga bisa mengatasi Miss V yang kering. Akan tetapi untuk penggunaannya, tidak hanya cukup dipakai begitu saja. Tapi diperlukan beberapa cara dan dicampur dengan ramuan tertentu sesuai tujuan pengobatan.

Alat Kontrasepsi Keluarga Berencana (KB)

Di Aceh, biasanya Manjakani dijadikan sebagai salah satu alat kontrasepsi KB. Meskipun juga memiliki khasiat guna menyembuhkan luka, tapi terkadang juga diolah dan dijadikan untuk menunda kehamilan. 

Mengobati Kista

Manfaat buah manjakani dalam hal penyembuhan penyakit salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit kista. Untuk caranya biasanya dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya, seperti kayu putih, buah pinang muda, rempah-rempah, kunyit putih, dan sirih. Itu merupakan salah satu resep yang dinamakan jamu manjakani Aceh.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami bahas mengenai manfaat dan khasiat buah manjakani bagi kesehatan, mengobati penyakit dan beberapa kegunaannya bagi organ kewanitaan. Ternyata manjakani adalah salah satu jenis bahan herbal yang menyimpan banyak khasiat. Jika berkenan, silahkan Anda share informasi ini ke sosial media Anda ke sosial media, seperti facebook, twitter atau Google +. Sebagai penulis, kami mohon maaf apabila ada kesalahan, semoga bermanfaat dan terima kasih karena Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai manfaat manjakani.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel